fbpx

Tentang Kami

Pikir Ulang

VISI

Media massa Indonesia yang menantang pembaca untuk “berpikir ulang” tentang keyakinan yang telah terinternalisasi dalam benak dan pikiran.

MISI

1. Menawarkan perspektif baru dalam memandang suatu fenomena

2. Menumbuhkan rasa empati antar masyarakat dengan cara memahami cara berpikir saudara sebangsanya

3. Memberikan sudut pandang dan solusi alternatif terhadap suatu fenomena yang terjadi di Indonesia

Indonesia merupakan negara luas yang terdiri dari sekitar 270 juta penduduk. Perbedaan suku, ras, dan agama merupakan “warna” dari Indonesia. “Warna” tersebut tidak hanya sebatas yang terlihat dalam bentuk fisik. Cara pandang dan berpikir yang terkonstruksi dari latar belakang budaya yang berbeda-beda membuat setiap orang memandang suatu fenomena dengan cara yang berbeda pula. Oleh karena itu, Pikir Ulang hadir untuk memberikan perspektif yang bersifat “Indonesia”, yaitu perspektif yang baru dan sedapat mungkin bisa diterima oleh masyarakat umum. Tentunya, kami tidak menuntut pembaca untuk mempercayai 100% yang tertulis di website ini. Sebaliknya, Pikir Ulang hadir untuk menantang masyrakat Indonesia untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Harapannya, setiap orang mampu memahami cara berpikir saudara sebangsanya dalam memandang suatu fenomena.

Pikir Ulang adalah suatu media yang menawarkan cara pandang baru, yang membuat membaca “berpikir ulang” mengenai kepercayaan yang telah dimilikinya, yang telah terinternalisasi dalam benak dan pikirannya. Tujuan utama hadirnya Pikir Ulang ialah menciptakan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Tujuan itu hadir dari keresahan kami akan kondisi gawat darurat tentang toleransi di Indonesia. Seringkali, kita mendapati caci-makian, hinaan, dan pelecehan tentang SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) yang dilakukan oleh saudara sebangsa sendiri, yang telah terdokumentasi di media sosial. Panasnya perang verbal, apalagi sampai penghinaan tentang SARA dapat memperkeruh “warna” Indonesia yang indah ini, yang telah disatukan oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan memperluas wawasan masyarakat dan menawarkan perspektif baru dalam berpikir, Pikir Ulang berharap bisa berkontribusi dalam terciptanya kehidupan bangsa Indonesia yang harmoni dan penuh kasih sayang antar saudara sebangsa